Rabu, 07 Oktober 2009

TUGAS KE 2 PPK

08 Oktober 2009
Nur fajriah 4sa01 :-)
10606107
Tugas KE 2 _ PPK

-Apa kaitan kebudayaan dengan Etnografi?

Bismillahirrahmanirrahim……….

Sebelum membahas “Apa kaitan kebudayaan dengan Etnografi” disisni akan di jelaskan terleih dahulu; Antropologi Secara luas bisa dikatakan bahwa hal yang ingin dicapai oleh disiplin ini ialah pemahaman mengenai kebudayaan umat manusia di muka bumi, dalam kurun waktu maupun ruang yang berbeda.
Berbeda dengan ilmu-ilmu manusia lainnya, dalam Antropologi upaya pemahaman dan perumusan proposisi umum tersebut dicapai lewat pemahaman mengenai manusia-manusia “yang lain” atau “others”. Pentingnya atau bahkan sentralnya posisi others dalam disiplin ini, membuat Antropologi seringkali dikenal sebagai ilmu tentang others. ‘Gelar’ ini terutama disandangkan karena, sebagai sebuah disiplin ilmu yang dikembangkan oleh orang-orang Eropa di benua Eropa dan Amerika, pada awalnya sebagian besar subyek yang diteliti Antropologi adalah masyarakat non-Eropa. Secara lebih khusus, sebutan tersebut pantas dikenakan pada salah satu sub-disiplin Antropologi, yaitu Etnografi.
Dapat dikatakan bahwa Etnografi merupakan salah satu hasil utama ilmu Antropologi. Catatan tentang kehidupan suatu masyarakat yang diperoleh melalui pengamatan di lapangan secara langsung itu menjadi semacam bahan baku bagi analisa antropologis. Etnografi juga mempunyai fungsi lain. Etnografi menjadi semacam bukti keberadaan sebuah masyarakat dan kebudayaannya seperti yang digambarkan di dalamnya, serta (yang tak kalah penting ialah) menjadi bukti kehadiran peneliti dalam masyarakat itu. Seperti yag dikatakn James Spradley, bahwa kajian lapangan etnografi adalah tongok antropologi budaya. Hal inilah yang menjadikan keduanya mempunyai kaitan erat, karena kajian lapangan etnografi erat kaitannya dengan penelitian kebudayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blog Design by Template-Mama.