Rabu, 18 November 2009

TUGAS PENGANTAR PENELITIAN KEBUDAYAAN KE-4



NUR FAJRIAH
4SA01
10606107


1. Bagaimana seorang Etnografer melakukan wawancara Etnografis?

Jawab:

  • Saat wawancara berlangsung, Etnografer dan informan keduan nya selayaknya mempunyai dua arah. Untuk di ketahui, jika seorang informan mempunyai ide yang tidak jelas, Etnografer harus menjelaskan dan mengingatkan informan ke arah pembicaraan. Yaitu, dengan cara mengarahkan ke jalur-jalur yang menuju pada penemuan pengetahuan budaya informan.
  • Etnografer secara berulang-ulang harus memberikan penjelasan kepada informan. Penjelasan yang paling umum adalah tentang proyek itu sendiri.
  • Etnografer memberikan penjelasan Perekaman. Yang menuju akan pencatatan (untuk bukti wawancara telah, sedang dan sudah dilaksanakan) tentu dengan kesepakatan seorang Informan sebelumnya.
  • Etnografer harus mendorong Informan untuk berbicara dengan cara yang sama (penjelasan bahasa asli) ketika mereka berbicara dengan orang lain dalam suasana budaya mereka sendiri. Itu bertujuan untuk memnudahkan wawancara tersebut.
  • Terakhir Etnografer mengarahkan kepada Informan (penjelasan wawancara). Etnografer yang mengawali wawancara tersebut dengan model wawancara persahabatan (tentu hanya di pusatkan akan sapaan.)disini Etnografer meminta informan dapat menjelaskan serta memberikan istilah atau suatu tindakan tentang objek yang informan ketahui.

2.Apakah perbedaan Wawancara Etnografis dengan Percakapan Persahabatan?

jawab :


Wawancara Etnografis

1. Ada tujuan Eksplisit
Bahwa pembicaraan itu selayaknya mempunyai arah. Maka percakapan nya cenderung lebih formal dengan percakapan persahabatan.

2.Didalam percakapan Etnografis, Etnografer secara berulang –ulang harus memberikan penjelasan kepada informan akan tujuan dan sebagai nya dalam wawancara tersebut.

3.Mengajukan Pertanyaan
Didalam wawancara etnografis mempunyai fungsi yang jelas dengan cara:
a. Pertanyaan deskriptif yang bertujuan untuk mengumpulkan suatu sampel ynag terjadi dalam bahasa informan. Contoh : Dapatkah anda memberitahu saya hal-hal yang anda lakukan di sekolah SLB ini?
b.Pertanyaan Struktural
c. Pertanyaan Kontras

4. sebaliknya.

5. sedangkan pada Wawancara Etnografis di ketahui dengan ritual verbal yang mengatakan ”selesai”.



Percakapan Persahabatan

1. Tidak ada tujuan Eksplisit
orang yang terlibat dalamsuatu percakapan persahabatan tidak mempunyai agenda untuk di penuhi, paling tidak agenda yang eksplisit. Disini, mereka tidak peduli kemana arah pembicaraan mereka.

2.Menghindari pengulangan di dalam suatu percakapan yang sama. Karena salah satu aturan yang paling jelas di dalam percakapan persahabtan dalah menghindari pengulangan.

3. Sedangkan didalam percakapan Persahabatan cenderung pertnayaan mengarah ke masalah- masalah pribadi, yang tidak membutuhkan jawaban panjang. Walaupun, jawaban yang di berikan jelas tentang mengenai pengalaman mereka.

4. Didalam percakapan persahabatan hampir selalu di isi dengan berbagai ungkapan minat nonverbal. Sering tersenyum, mendengarkan dengan kontak mata dan berbagai macam gaya tubuh.

5. Percakapan Persahabatan tidak pernah berhenti tanpa beberapa ritual verbal yang mengatakan selesai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blog Design by Template-Mama.