Minggu, 10 April 2011

SEKILAS TENTANG IKLAN II

NUR FAJRIAH
10606107
PENULISAN BAHASA IKLAN
4SA02

Sekilas tentang Iklan II

2. Macam-macam Iklan
Iklan di golongkan menjadi empat :

a. Iklan penawaran/permintaan
Iklan ini bertujan memberikan infomasi kepada masyarakat bahwa akan/telah diadakan penjualan barang/jasa. Iklan ini diharapkan mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Iklan ini di tulis dengan kata-kata yang menarik perhatian, singkat, padat, dan jelas, dan berisi sugesti. Selain tu ada juga yang berbentuk artikel, yang disajikan berupa karangan persuasive dalam majalah atau Koran. Contoh kata-kata yang dipakai dalam iklan ini adalah “ Rebutlah Hadiah Besar”, “Perhatian”, “Kabar gembira”, “Grand Sale”.

b. Iklan pengumuman atau pemberitahuan
Iklan ini berisi pengumuman atau pemberitahuan kepada khlayak ramai atau pihak-pihak tertentu. Yang termasuk iklan pengumuman adalah iklan pengumuman, iklan duka cita, iklan ucapan terimakasih dll.

c. Iklan layanan masyarakat
Iklan yang bersifat social, tujuannya untuk memberitahukan pada masyarakat tentang sesuatu hal. Iklan ini juga bersifat penerangan, misalnya menerangkan wabah penyakit demam berdarah dan anjuran untuk melakukan tindakan pencegahannya, contohnya, pemakainan obat askes dan obat generik dll.

d. iklan reklame
iklan ini bertujuan memperkenalkan suatu produk barang atau jasa. Biasanya disampaikan dalm bentuk propaganda dengan membuat pujian-pujian sehingga masyarakat tergerak atau memiliki atau membeli produk tersebut, kalimata yang digunakan dalam reklame singkat, padat, hidup, penuh gaya, dan mampu menimbulkan konotasi hebat.

Sumber: Tim bahasa Indonesia Smk.2001. Bahasa Indonesia Smk kelas 2.PT Galaxi Puspa Mega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blog Design by Template-Mama.